Sekilas tentang SWiSHmax

A.  Sekilas tentang :

SWISHmax adalah suatu penambahan edisi baru dari SWISHzone keluarga Flash. Jika anda ingin menciptakan kreasi yang menarik dan powerful Fash animasi tanpa menggunakan Flash tentu SWISHmax adalah cocok untuk anda!

 SWiSHmax sangat mudah digunakan, anda dapat membuat  animasi-animasi degan text, images, graphics dan suara tanpa banyak menyita waktu. SWiSHmax sekarang memiliki lebih dari 230 built-in effects seperti Explode, Vortex, 3D Spin, Snake dan banyak lagi lainnya. SWiSHmax memiliki tools    ( alat-alat) untuk membuat garis (lines) , Kotak ( rectangles) , ellipses, Bezier curves, motion paths, sprites, tombol (rollover buttons), dan  input forms yang terhubung antar-muka dan mudah diguakan.

Perbedaan besar antara SWiSHmax dan SWiSH2 ( versi sebelumnya ) adalah penuh degan penerapan scripting language: SWiSHscript. bagaimanapun, ada banyak corak baru  yang menakjubkan dari pada SWiSH2.

SWiSHmax di eksport ke dalam fike format SWF yang digunakan oleh Macromedia Flash™, demikian juga animasi anda akan dapat dimainkan di beberapa sistem               ( komputer ) yang telah memiliki/ terinstal FlashPlayer.

 

SWiSHmax animasi dapat disatukan  kedalam beberapa halaman web atau di import ke Flash. Dapat juga di masukan ke dalam email, di embed  (disatukan ) pada Microsoft PowerPoint presentation atau termauk ke dalam  Microsoft Word document.

 

B.  Sistem Minimum Yang Dibutuhkan:

1     Windows 95/98/ME/NT4/2000/XP

2     Pentium P2

3     64Mb of RAM

4     800×600 pixels by 256 color display

5     SWiSHmax tidak memerlukan Macromedia Flash™ untuk menginstal kedalam system anda.

C.   Mengaktifkan SWiSHmax

Setelah software SWiSHmax terinstal ke CPU, maka untuk mengaktifkan adalah sebagai berikut :

  1. klik shortcut SWiSHmax atau gambar logo           pada desktop

maka akan tampil lembar kerja ( movie )- SWiSHmax

lihat gambar : 01 di bawah ini !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.   Gambar Menu utama SWiSHmax :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menu  File

 

Menu File pada SWiSHmax terdiri dari :

Templates

Membuat ‘ aplikasi baru ‘ window 

File eksternal dan tes

File terbaru yang pernah dibuat

Recent Files

Menutup Windows dan keluar

 

File | New (Ctrl+N)

Membuat SWiSH Movie baru.Jika movie dalam keadaan aktif (open ), SWiSH akan menanyakan pada anda apakah file akan disimpan sebelum menutup langsung movie dan membuat movie baru.

 

File | Open… (Ctrl+O)

Membuka fle .swi (SWiSH Movie ).

Anda juga dapat menggunakan File | Open untuk membuat SWiSH Movie baru              ( untuk mengimport file yang spesifik / tertentu ke file baru ), pilihlah file dengan type file dan ekstensi yang support ( mendukung ) dengan File | Import

 

Show Preview

Menampilkan file movie  .swi,.swf,atau image ( gambar ) langsung  yang  terpilih  atau file yang tersedia sesuai yang tampak sebelum dibuka.

Catatan:

SWiSH tidak dapat membuka file-file .fla sebab bukan format umum

Jika anda ingin membuka file .swf dan tidak memiliki korespondensi( hubungan ) dengan file.swi yang sudah ada, gunakanlah File | Import  untuk mengimpor ke movie

 

File | Save (Ctrl+S)

Menyimpan langsung SWiSH Movie. Jika itu Movie baru, SWiSH akan menanyakan pada anda untuk memberi nama. Anda tidak perlu memberi ektensi .swi pada file tersebut.

Jika anda setting eksport otomatis ( Auto Export ), setiap kali anda menyimpan file .swi , anda akan diberitahu untuk menyimpan file.swi yang berkaitan(berhubungan ). Cara ini untuk menyimpan perintah juga akan menyimpan secara otomatis sebagai file .swf baru pada movie.

File | Save As…

Menyimpan SWiSH Movie dengan nama baru. Anda tidak perlu menambah ekstensi .swi pada file tersebut.

 

File | New from Template…

Membuat SWiSH Movie baru dari movie Template ( movie yang telah tersedia ). Jika movie dalam keadaan aktif, SWiSH akan menanyakan pada anda apakah file akan disimpan sebelum menutup langsung movie dan membuat movie baru.
File | New Window (Ctrl+Shift+N)

Membuka ‘SWiSH aplikasi’ window baru. Anda dapat membuat atau mengedit  Movies SWiSH berbeda pada window-window yang lain. Ini tergantung anda untuk mengkopi objek-objek dari satu movie ke satu movie yang lain.

 

File | Samples

Menu ini terdiri dari beberapa contoh file movie .swi sebagai ilustrasi atau gambaran kemampuan dari SWiSHmax. Di bawah ini adalah contoh-contoh dari file .swi dan dapat anda buka pada menu file :

þ  Snakes.swi

þ  Pseudo3D.swi

þ  Ray of Light.swi

þ  Spritedemo.swi

þ  Actions.swi

þ  Buttons.swi

þ  First.swi

þ  Promo.swi

þ  Preloader.swi

þ  Menu.swi

 

 

 

File | Import…

File-file eksternal yang adapat diimport langsung ke scene. Untuk memilih beberapa file anda dapat menekan tombol Shift atau  Ctrl lalu pilih file dan klik kiri mouse.  File-file yang dapat diimport adalah yang berformat :

Text

þ  Plain text (*.txt)

Images (raster)

þ  Windows bitmap (*.bmp; *.dib)

þ  GIF image (*.gif)

þ  JPEG image (*.jpg; *.if, *.jpeg)

þ  PNG image (*.png)

Graphics (vector)

þ  Windows Metafile (*.wmf)

þ  Enhanced Metafile (*.emf)

þ  Flash Graphics (*.swf keduanya dikompres dan tidak dikompres)

Animation

þ  Animated GIF (*.gif)

þ  Flash Animation (*.swf keduanya dikompres dan tidak dikompres )

þ  Flash Projector (*.exe)

þ  SWiSH Movie (*.swi)

 

Flash Animation

Jika mengimport sebuah file animasi Flash (.swf), SWiSHmax tidak dapat mengimport beberapa suara ( sound ), bentuk-bentuk shape, video eksternal atau bahkan klip Flash. Bila layer Clipping (mask) diimport, maka tidak secara otomatis diset sebagai sebuah mask objek ( objek yang disembunyikan ) pada SWiSHmax. Action script (aksi) berikut yang dapat diimport, semua Action script (aksi) lain diabaikan ( tidak dapat     digunakan ):

Ü  setLabel

Ü  play

Ü  stop

Ü  gotoAndPlay

Ü  gotoAndStop

Ü  stopAllSounds

Ü  nextFrame

Ü  prevFrame

Ü  getURL

Ü  fscommand

Ü  javascript

Ü  mailto

Ü  loadMovie

Ü  if frame loaded

Ü  var = expression

Ü  property = expression.

Sound

Ü  Wave sounds (*.wav)

Ü  MP3 sounds (*.mp3)


Catatan:

Ketika mengimport suatu sound (bunyi), SWiSHmax akan menambahkan satu Aksi Bunyi itu dan akan memainkan bunyi ke frame langsung saat ini dari scene atau Sprite.

Sound (bunyi) MP3 dapat diimport tanpa proses SWiSHmax, yakni dengan menggunakan program-program lain untuk hasil yang optimal dan berkualitas.


Import Frames

Mengimport beberapa ” frame ” kotak dialog akan tampak ketika anda mengimport animasi. Dengan kotak dialog , anda dapat memilih frame-frame yang anda ingin import.

 

Select All Frames button

Digunakan Untuk memilih semua frame pada daftar frame.

 

 

 

Import background

Untuk background segiempat akan diimport jika pilihan-pilihan ini sudah dicek.

Import as a Sprite

Frame-frame terpilih yang akan diimport , akan diimport sebagai sprite jika pilihan sudah dicek. Jika tidak, frame terpilih akan diimport sebagai sekelompok gambar.

Masked( disembunyikan)

Sprite diimport akan disembunyikan oleh background segiempat kalau pilihan ini sudah dicek.

 

File | Export | SWF… (Ctrl+E)

untuk mengekspor movie SWiSH langsung ke file .swf. Anda dapat mengimport file .swf kedalam Flash dengan File | Import dan pilih tipe file : Flash Player (*.swf, *.spl) pada kotak dialog ‘Flash Import’
File | Export | HTML + SWF… (Ctrl+P)

mengeksport file ke dalam format .htm dan .swf untuk diapload ke web site anda.
File | Export | EXE (projector)…

Mengekspor SWiSH Movie langsung ke Flash Player 6 . file ini dapat dieksekusi atau diaktifkan langsung tanpa program eksternal atau brower lainnya. File proyektor ini biasanya digunakan untuk membuat CD yang sifatnya Auto Run / secara otomatis akan ditampilkan Movie anda dengan menyertakan file EXE. ( Projector ) ke dalam CD drive.

File | Export | AVI… (Ctrl+D)

Mengekispor SWiSH Movies kedalam format video ( .avi ). Aksi-aksi (kecuali bunyi / sound), tombol ( buttons ) dan komponen interaktif lainnya tidak akan berfungsi.
Catatan: Selama proses eksport, aplikasi utama SWiSH,  window akan diminimaiz.

Proses ekspor dilakukan dalam dua langkah: menangkap audio dan rekam       data.

þ   pastikan komputer anda bukan operasikan suatu proses berat, seperti ini akan mempengaruhi mutu dari audio yang diekspor

þ   Jangan  tekan tombol ‘ Cancel ‘ kemudian ‘ Continue ‘ jika tidak audio yang diekspor mungkin tidak akan singkron   

 

File | Export | HTML to Clipboard

Salin kode HTML untuk melekatkan file .swf ke dalam Clipboard. Kalau kamu berharap memasukkan Flash Movie  ke dalam satu halaman web yang sudah ada, paste saja kode pada Clipboard ke dalam halaman webmu yang sudah ada. Kode HTML tidak meliputi seluruh fungsi script.
Display Export Options

Tayangkan ‘ Ekspor ‘ Panel mengikuti akses ke pilihan-pilihan Ekspor dari masing-masing jenis file ekspor.

 

File | Test | In Player

Membuat file .swf temporer, menayangkan Flash Player dan memainkan langsung SWiSH Movie pada Flash Player.

 

File | Test | In Browser

Ciptakan sementara .htm dan file .swf , melalui browser default (baku) dan menayangkan halaman HTML yang mengandung Movie pada browser.

Catatan : Anda harus memiliki paling tidak sesuatu software browser untuk menghubungkan dengan  file-file .htm

 

File | Close (Ctrl+F4)

Untuk menutup SWiSH Movie secara langsung. Dan aplikasi SWiSH Movie akan ditutup.

 

File | Exit

Keluar dari aplikasi SWiSH.dan semua windows SWiSH akan ditutup.

Menu Edit

 

Menu Edit  memperbolehkan anda untuk membuat perubahan pada Movie.

Opsi-opsi yang tersedia pada menu edit adalah :

 

Membatalkan atau mengulangi perubahan

Ü  Undo

Ü  Redo
Menyalin, Lekatkan dan Hapus Scene, Objek, Efek, dsb.

Ü  Cut

Ü  Copy

Ü  Paste

Ü  Delete

Seleksi Objek

Ü  Select All

Ü  Deselect All  
Pencarian

Ü  Find
Membuat Instance dari Sprite terpilih

Ü  Make Instance

 

Menampakkan atau menyembunyikan objek

Ü  Show

Ü  Hide

Ü  Lock

Ü  Show All States

Ü  Hide All Except

Ü  Lock All Except

Ü  Open Object

Ü  Expand Object

Ü  Close Object
Menampakkan properti objek, efek, dll.

Ü  Properties  

Preferences

Ü  Preferences.

 

Edit | Undo (Ctrl+Z)

Untuk Membatalkan perubahan terakhir Movie SWiSH secara langsung. SWiSH mendukung perintah Undo/Redo tak terbatas. Hampir semua perubahan dapat dilakukan.

 

Edit | Redo (Ctrl+Y)

Untuk Mengulangi perubahan terakhir movie SWiSH secara langsung. SWiSH mendukung perintah Undo/Redo tak terbatas. Hampir semua perubahan dapat diulangi.

 

Edit | Cut (Ctrl+X)

Menghapus Objek yang terpilih atau Efek dan menyalinnya dalam Clipboard. Jika tidak ada Efek terpilih Objek akan dicopy.

 

Edit | Copy (Ctrl+C)

Menyalin Objek yang terpilih, Efek atau Scene ke dalam Clipboard. Objek Yang terpilih, Scene, atau Efek tidak dihapus. Jika tidak ada Efek terpilih, Objek akan dicopy.

 

Edit | Paste (Ctrl+V)

Melekatkan/menempelkan Objek, Scene atau Efek yang ada di dalam Clipboard Movie dari hasil proses pengkopian SWiSH secara langsung. Objek hasil kopian itu dapat  ditambahkan kepada Scene/Sprite/Button State/Group secara langsung di dalam Movie dan hasil kopian itu akan ada di orde tumpukan atas. Atau hasil kopian itu dapat kita letakkan di frame-frame tertentu sesuai dengan kemauan kita.

Edit | Paste in Place (Ctrl+Shift+V)

Melekatkan/ menempelkan Objek yang dicopy di dalam posisi yang sama sebagai objek yang asli itu. Posisi didasarkan pada sumbu X dan sumbu Y) objek yang asli itu.

 

Edit | Delete (Delete)

Menghapus Objek [yang] terpilih atau Efek secara langsung.
Edit | Select All (Ctrl+A)

Memilih semua objek pada Scene langsung.
Edit | DeSelect All (Ctrl+A)

membatalkan semua objek yang terpilih ke posisi awal sebelum terpilih semua pada Scene.

 

Edit | Find

Fasilitas untuk menemukan/ mencari teks di dalam Movie anda yang mencakup dalam semua Tindakan, script, sound image;file dan nam-nama efek file

 

Edit | Make Instance

Menciptakan suatu Sprite yang terpilih secara instan. Suatu Instan adalah suatu kembaran dari Sprite acuan. Bagian dari Instance dan Sprite acuan nya selalu konsisten. Pembuatan perubahan kepada Instan akan juga berubah dan sebaliknya  Sprite acuan.

Catatan: Sprite Yang terpilih harus mempunyai suatu nama atau harus dirinya sendiri adalah suatu Instan Sprite yang lain

 

Edit | Show

Menunjukkan Objek-objek yang terpilih. Objek dapat juga dipilih dari Panel Outline.

 

Edit | Hide

Menyembunyikan Objek-objek yang terpilih . Bagaimanapun, Objek yang tersembunyi akan masih nampak manakala Movie dimainkan. Objek dapat juga di sembunyikan melalui Panel Outline

 

 

 

Edit | Lock

Mengunci objek-objek  yang terpilih dari objek yang sedang diedit. Objek akan dapat diedit apabila objek yang dikunci dibuka kembali. Untuk  membuka atau mengunci objek yang terkunci dapat dilakukan melalui Panel Outline

 

Edit | Show All States

Menunjukkan semua kedudukan ( Up, Over, Down dan Hit ) suatu tombol secara tembus cahaya, untuk membantu anda mengedit Objek dalam posisi itu. Status yang anda pilih akan nampak lebih gelap.

 

Edit | Hide All Except

Menyembunyikan semua Objek kecuali  Objek-objek yang terpilih Bagaimanapun, object yang tersembunyi akan masih nampak manakala Movie dimainkan.

 

Edit | Lock All Except

Mengunci semua Objek kecuali Objek terpilih untuk diedit. Objek tetap akan mengunci hingga opsi Kunci dibuka kembali untuk membuka kuncinya. 

 

Edit | Open Object

Membuka Spite secara terpisah untuk diedit pada Panel Layout

 

Edit | Expand Object

Memperluas satu Objek sehingga anak Objek dapat teredit
Edit | Close Object

Menutup perluasan atau membuka Objek.

 

Edit | Properties (Alt+Enter)

Menampilkan property dari objek yang terpilih atau Tool dalam Panel Objek..

Edit | Preferences

Membuka pengaturan-pengaturan ‘Preferences‘ kotak dialog untuk menyeting opsi-opsi SWiSHmax.

 

 

 

Menu View

Menu View memperbolehkan anda untuk memperlihatkan dan menyembunyikan Windows dan mengubah View dari movie

Opsi-opsi yang tersedia adalah sebagai berikut :
Mode Preview Frame :

 

Preview Frame

 

Toolbars and Status Bar

Ü  Toolbars

Ü  Status bar

 

Zooming :

 

Zoom in

 

Zoom out

 

View at 100%

 

Fit Scene in Window

 

Fit Objects in Window

 
Rulers, Grids, Guides and snapping :

 

Show Rulers

 

Show Grid

 

Show Guides

 

Lock Guides

 

Clear All Guides

 

Snap to Grid

 

Snap to Pixel

 

 

 

Snap to Object Handles

 

Snap to Guides

 

 

Display quality

Ü  Show All Images

Ü  Smooth Edges and Images.

  

       View | Preview Frame
‘ Prevew Frame ‘ mode melihat awal Frame saat ini pada Panel Layout.

pada Mode Prevew Frame, anda dapat bergerak, skala, berputar dan memiringkan Objek di Keyframes dengan mempergunakan  Select Tool           atau Reshape Tool

dan sesuai Tool Option.

 

View | Toolbars

Memperlihatkan atau menyembunyikan Toolbar spesifik. Lihat pada topik Toolbar

 

View | Status Bar

Memperlihatkan atau menyembunyikan Status Bar.

Status Bar terdapat pada bagian bawah window ‘ SWiSHmax ‘ yang dipergunakan untuk Pertolongan perintah terpilih atau Tool (alat). Status Bar juga menampilkan ukuran file dari file .swf yang diekspor dan posisi koordinat  x dan y dari kursor pada Panel Layout

 

Catatan:  File ukuran aktual dari ekspor .swf mungkin lebih kecil bergantung kepada optimisasi yang dipilih pada Panel eksport.

 

Zoom Pada Hakekatnya memperbesar gambar dengan meningkat skala dari satu Objek.
Kotak dialog ‘ Zoom Efek ‘ diperlihatkan di bawah. Ini dapat ditampilkan dengan cara klik ganda efek zoom dalam Timeline, atau klik kanan efek zoom dan memilih property dari menu context.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan
Bila anda mengklik Efek Zoom Out , maka skala objek tampil lebih besar.dan sebaliknya bila anda mengklik efek Zoom In , maka skala objek tampil lebih kecil.

 

View | View at 100%

Menampilkan Movie dalam ukuran actual dalam Panel Layout.

 

            View | Fit Scene in Window

Menampilkan seluruh area Scene ke dalam Panel Layout

 

View | Fit Objects in Window

Untuk menampilkan semua Objek terpilih ke dalam Panel Layout . Kalau tidak ada Objek dipilih, fungsi ini akan menampilkan semua Objek pada Scene ke dalam Panel Layout.
            View | Show Rulers

Menampilkan atau menyembunyikan Penggaris/ mistar  pada Panel Layout..

Pada mistar nampak angka-angka dalam pixel dari kiri atas sudut Movie. Graduasi angka ditampilkan tergantung pada perbesaran langsung yang digunakan.

Mistar dipergunakan terutama sebagai Pemandu untuk mengetahui ukuran dan letak Movie.

 

View | Show Grid

Menampilkan garis-gari dalam bentuk horisontal dan vertikal. Dengan mengklik kembali Show Grid, maka Grid disembunyikan pada Panel Layout. Grid ini sangat membantu anda dalam proses kerja kita dalam menentukan letak-letak objek baik secara Horisontal maupun Vertikal. Ukuran grid dapat anda atur melalui Panel Panduan
Lihat Juga : Show Grid, Snap to Grid, Guides, Guides Panel.

 

View | Snap to Grid

Mengambil kepada persimpangan atau garis /grid yang paling dekat
objek akan secara otomatis berada pada sepanjang garis /Grid. Anda dapat merubah setingan Grid pada Panel Panduan
Lihat juga : Show Grid, Snap to Grid, Guides, Guides Panel.

 

View | Snap to Pixel

Mengambil kepada pixel yang paling dekat

Pixel Grid akan ditampilkan bila Movie ditampilkan pada Zoom  >=500% perbesaran.

 

View | Snap to Object Handles

Mengambil ke baris dengan objek lain sebagai kendali. Anda dapat merubah setingan pada Panel Panduan

 

View | Show All Images

Ketika opsi ini dicek SWiSHmax akan menayangkan semua image pada Panel Layoutdan ketika opsi ini tidak dicek hanya dipilih  maka image akan ditayangkan.

Tidak diceknya opsi ini bila SWiSHmax memakan waktu lama untuk menayangkan kembali Panel Layout.

 

 

 

View | Smooth Edges and Images

Ketika opsi ini dicek, SWiSHmax akan menayangkan Anti tepi alias bentuk-bentuk dan teks, mempermudah pengukuran kembali gambar-gambar.
Tidak diceknya opsi ini bila SWiSHmax memakan waktu lama untuk menayangkan kembali Panel Layout.

 

Menu Insert

 

Menu Insert dapat anda gunakan untuk menambahkan objek ke Movie

 

Opsi-opsi yang tersedia pada Menu Insert adalah sebagai berikut :
Add Scenes

 

Scene
Add Objects

 

Text

 

Button

 

Sprite

 

Image…

 

Content…

 

Instance…
Effects and Scripts

Ü  Effect

Ü  Script
Frames

Ü  Insert Frame

Ü  Delete Frame.

 

Insert | Scene

Menyisipkan Scene baru ke dalam Movie

Insert | Text

Menyisipkan teks ke dalam Scene/Sprite/Group. Anda dapat mengedit teks dalam Panel Text

 

Insert | Button

Menyisipkan tombol ke dalam Scene/Sprite/Group

Insert | Sprite

Menyisipkan sebuah Sprite ke dalam Scene/Sprite/Group.

 

Insert | Image…

Menyisipkan gambar dari file eksternal ke dalam Scene/Sprite/Group.

Format gambar (image) yang dapat digunakan pada SWiSHmax adalah sbb.:

Ü  Windows Bitmap (*.bmp; *.dib)

Ü  GIF Image (*.gif)

Ü  JPEG Image (*.jpg; *.jif, *.jpeg)

Ü  PNG Image (*.png).

 

Insert | Content…

Menyisipkan file eksternal ke dalam Scene/Sprite/Group.

Ini sama dengan perintah File | Import

 

Insert | Soundtrack…

Mengijinkan anda untuk menyisipkan file audio sebagai satu Objek Bunyi dipergunakan sebagai Aliran Soundtrack

Properti Panel ‘ Bunyi ‘ ditunjukan untuk Objek Bunyi ketika Aliran Soundtrack dipilih.

 

 

 

 

Properties

Ini akan menayangkan frekuensi, bitrate, dan panjang (secara keseluruhan detik dan frame-frame) untuk berkas audio terpilih.

 

Import
Ini akan mengijinkan anda untuk mengimpor beberapa file audio ke SWiSHmax

 

Reload
Opsi ini akan memuat lagi file audio terpilih dari lokasi yang didaftarkan pada  window ‘ Properti ‘

Delete
Ini akan menghapus file audio terpilih dari daftar Konten di SWiSHmax.

Select
Ketika tombol (button) ini ditekan ini akan berganti file bunyi dipergunakan untuk ‘ Soundtrack ‘ ke  file audio terpilih tersebut.

 

Insert | Instance…

Menyisipkan Instan dari Spite spesifik ke dalam Scene/Sprite/Group

Instan adalah kembaran dari Sprite referensi.

Konten dari Instan dan Sprite referensi ini selalu konsisten. Membuat perubahan ke Instan juga akan berganti Sprite referensi dan bolak balik.

Satu Objek Sprite adalah satu Objek sederhana yang mempunyai Timeline sendiri dan adalah satu kumpulan Objek dengan Effect. ini adalah padanan dari ‘ Movie Clip‘  di Flash. Secara baku, satu Sprite adalah satu Scripting Object.

 

Insert | Effect

Menyisipkan efek ke Objek terpilih atau group terpilih dari Objek   pada Frame langsung . Submenu Yang punya daftar dari Efek-efek yang tersedia. Beberapa Efek Yang punya satu submenu dimana anda dapat memilih Efek dasar, atau salah satu set ulang efek yang baru anda pakai  (tersimpan atau diisi).

 

 

Insert | Script

Menambah sebuah Script ke Objek Terpilih atau ke Frame. Anda juga dapat menambah Actions, Events atau Define Functions. Seanjutya Script dapat diedit pada Panel Script

 

Insert | Insert Frame (F5)

Menyisipkan Frame baru pada Frame sebelumnya pada  Timeline.
Insert | Delete Frame (Shift+F5)

Menghapus Frame langsung dari Timeline
Insert | Insert Second (Ctrl+F5)

Menyisipkan sekon yang setara dengan frame-frame dari Timeline (satu sekon adalah didasarkan pada angka dari seting frame untuk Framerate pada panel Movie).
Insert | Delete Second (Ctrl+Shift+F5)

Menghapus Frame detik(sekon) dari Timeline.( satu detik didasarkan pada angka-angka dari frame yang diseting pada Panel Movie ).

 

Menu Modify

Menu Modifikasi memperbolehkan anda untuk mengubah Properti dari Objek terpilih

 

Opsi-opsi yang tersedia pada Menu Modify adalah sebagai berikut :

 

Grouping, Convert and Break

Ü  Grouping

Ü  Convert

Ü  Break

Change layer and Transform

Ü  Order

Ü  Transform

 

 

Change Text Objects

Ü  Alignment

Ü  Justification

Ü  Appearance.

 

Grouping

Modify | Grouping | Group as Group (Ctrl+G)

Untuk mengelompokkan beberapa Objek secara bersama-sama. Efek kompleks dapat berlaku bagi Group.
Catatan:  Karena sebuah Group tidak mempunyai Timelinenya sendiri, SWiSH  mengkonversi beberapa Objek dengan Efek ke dalam Sprite  sebelum dikelompokkan.

 

Modify | Grouping | Group as Button

Mengelompokkan beberapa objek yang terpilih sebagai sebuah Tombol (button)
            Modify | Grouping | Group as Sprite

Mengelompokkan beberapa objek yang terpilih sebagai sebuah Sprite

 

Modify | Grouping | Group as Shape

Mengelompokkan beberapa objek yang terpilih menjadi satu(tunggal) Shape.

 

Catatan :

Ü  Kalau anda mau mempergunakan beberapa Objek Teks atau Shape sebagai Mask, anda harus mengelompokkan objeksatu bentuk (shape)

Ü  Objek dengan Effects / Events tidak dapat digrup sebagai bentuk tunggal, jika anda lakukan maka Effect dan Event dari objek akan hilang. Anda harus secara manual menghapus ini sebelum digrup, kalau diinginkan

Ü  Bila pengelompokan objek sebagai shape tunggal, anda akan diminta daerah objek mana yang kosong akan ditindih dengan isi  corak yang sama ? kalau anda memilih ya, daerah yang ditindih (overlap) dari objek dengan isi sama akan menjadi kosong. Pada fitur ini dapat anda gunakan untuk membuat lubang pada Shape (bentuk) sebagaiman terlihat di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ü  Jika anda menggabung shape sebagai Mask, beberapa daerah tumpang-tindih akan menjadi kosong (lihat di bawah sebelah kiri). Jika anda ingin daerah-daerah tumpang-tindih itu terisi, kemudian cek ‘ Solid Shape’ dengan isian tumpang-tindih dalam Panel Shape (lihat di bawah sebelah kanan). Jika anda menggunakan setingan ini pada Shape yang tidak digunakan sebagai Mask, kemudian Shape akan selalu memiliki isi solid (warna penuh) tanpa garis luar (outline), dengan tanpa melihat isi dan corak baris yang ditetakan.

 

 

 

Ü  Setelah mengelompokkan sebagai bentuk tunggal (shape),
maka tepi dari Objek di belakang adalah tidak lagi terliput oleh objek di depan, sebagaimana terlihat di bawah

 

 
            Modify | Grouping | Ungroup (Ctrl+U)

Belahan satu Group atau Sprite ke dalam Objek terpisah.

 

Modify | Convert | Convert to Button

Mengkonversi Objek terpilih menjadi Tombol

Modify | Convert | Convert to Sprite

Mengkonversi Objek terpilih menjadi Sprite

 

Modify | Break | Break into Letters

Mengkonversi sebuah Objek Teks ke dalam sekelompok terpisah berisi Objek Teks sendiri-sendiri untuk masing-masing huruf teks. Anda dapat mengedit masing-masing huruf/teks Objek secara individu (antara lain untuk mengubah huruf). Anda dapat memberi Effect animasi ke Objek Group pada bagian-bagian huruf.   

 

 

 

 

 

 

 

 

            Modify | Break | Break into Shapes

Mengkoonversi satu bentuk(shape) kompleks ke dalam sekelompok terpisah berisi Objek Shape individu untuk masing-masing komponen sederhana dari kompleks bentuk (shape) asli.

Mengkonversi sebuah Objek Teks ke dalam sekelompok terpisah berisi Objek Shape individu untuk masing-masing huruf dari teks. Anda dapat mengedit masing-masing Shape Objek secara individu (antara lain untuk mengubah isi dsb.). Anda dapat memberi Effect animasi ke Objek Group pada bagian-bagian Shape.


Modify | Break | Break into Pieces

Mengkonversi Objek terpilih ke dalam sekelompok Objek dengan bentuk lebih kecil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Break With

Ü  Jenis dari Shape untuk mematahkan Objek ke dalam. Opsi yang tersedia adalah grid yang tetap, bersegi tiga, Segi Tiga acak dan Poligon Acak.

Column  

Ü  Definisikan angka dari kolom Objek dipatahkan ke dalam satu grid tetap atau tautan Bersegi Tiga.

Row

Ü  Definisikan angka dari baris Objek dipatahkan ke dalam satu grid tetap atau tautan Bersegi Tiga.

 

Ensure all pieces are triangular

Ü  Ketika dicek, semua yang bukan bersegi tiga akan dipisahkan ke dalam segi tiga selanjutnya.

 

Number

Ü  Definisikan angka dari Objek dipatahkan ke dalam satu Segi Tiga Acak atau tautan Bersegi Tiga.   

 

Random Seed

Ü  Tiap-tiap nilai berbeda untuk tampilan acak akan memberi satu hasil berbeda untuk pengaturan acak. Walau mempergunakan sama tampilan acak akan menghasilkan pengaturan yang sama setiap kali.

 

Cascade Order

Ü  Hal-hal aliran perintah animasi mempergunakan opsi-opsi pada Effect

 

 

Modify | Order | Bring to Front

Memindah objek yang terpilih ke posisi depan dari objek-objek yang lain.
Modify | Order | Send to Back

Memindah Objek yang terpilih ke posisi belakang dari objek-objek yang lain

Modify | Order | Bring Forward

Memindah objek yang terpilih satu tahap ke posisi top/ atas dari tumpukan objek-objek

 

Modify | Order | Send Backward

Memindah objek yang terpilih satu tahap ke bawah dari beberapa tumpukan objek

 

Modify | Transform | Rotate 90

Memutar objek yang terpilih dengan putaran 90 derajad
Modify | Transform | Rotate 180

Memutar objek yang terpilih dengan putaran 180 derajad
Modify | Transform | Rotate 270

Memutar objek yang terpilih dengan putaran 270 derajad
Modify | Transform | Flip Horizontal

Memutar objek secara horizontal dengan merubah sudut X
Modify | Transform | Flip Vertical

Memutar objek secara vertikal dengan merubah sudut y
Modify | Transform | Reset

Mereset kembali perubahan bentuk ke bentuk default (asli).
Modify | Anchor | Top Left

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke Sebelah sudut kiri atas

 

Modify | Anchor | Top Center

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke tengah- atas objek.

 

Modify | Anchor | Top Right

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke sudut kanan atas

 

Modify | Anchor | Center Left

Menetapkan titik jangkar pada kiri tengah objek
Modify | Anchor | Center

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke tengah-tengah objek
Modify | Anchor | Center Right

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke tengah-pada sisi kanan


Modify | Anchor | Bottom Left

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke sudut kiri bawah.


Modify | Anchor | Bottom Center

Menetapkan titik Jangkar dari objek terpilih ke tengah-bawah objek


Modify | Anchor | Bottom Right

Menetapkan titik jangkar pada kanan bawah dari objek

Untuk mengeset transformasi dapat anda lakukan pada “Panel Transform” .

 

Modify | Align | Left

Meratakan objek ke sebelah kiri (rata kiri)

 

 

Modify | Align| Center (Horizontally)

Meratakan objek terpilih ke Center(pusat) secara horizontal
Modify | Align | Right

Meratakan objek terpilih ke kanan (rata kanan)

 

Modify | Align | Anchor (Horizontally)

Meluruskan objek-objek yang terpilih secara horizontal dengan anchor point (titik jangkar)
Modify | Align | Top

Meratakan objek ke atas


Modify | Align | Center (Vertically)

Meratakan objek terpilih ke Center(pusat) secara vertical.
Modify | Align | Bottom

Meratakan objek terpilih ke bawah


Modify | Align | Anchor (Vertically)

Meluruskan objek-objek yang terpilih secara vertikal dengan anchor point (titik jangkar)

 

Modify | Align | Distribute | Left

Membagi Objek terpilih secara horisontal dengan sisi kiri.

 

Modify | Align | Distribute | Center (Horizontally)

Membagi Objek terpilih secara horizontal dengan titik pusat.
Modify | Align | Distribute | Right

Membagi Objek terpilih secara horisontal dengan sisi kanan.

 

 

Modify | Align | Distribute | Anchor (Horizontally)

Membagi objek horizontal yang terpilih dengan titik jangkar.
Modify | Align | Distribute | Top

Membagi Objek terpilih secara tegak lurus dengan sisi puncak
Modify | Align | Distribute | Center (Vertically)

Membagi objek vertical yang terpilih dengan titik pusat ( tengah ).
Modify | Align | Distribute | Bottom

Membagi Objek terpilih secara tegak lurus dengan sisi bawah.
Modify | Align | Distribute | Anchor (Vertically)

Membagi objek vertikal yang terpilih dengan titik jangkar
Modify | Align | Space Evenly | Horizontally

Mengatur jarak spasi objek datar yang terpilih secara horizontal.

 

Modify | Align | Space Evenly | Vertically

Mengatur jarak spasi objek datar yang terpilih secara vertikal.
Modify | Align | Space Evenly | Both

Mengatur  jarak Objek terpilih datar keduanya secara horisontal dan dengan tegak lurus

Modify | Align | Make Same | Width

Membuat  Objek terpilih dengan lebar yang sama
Modify | Align | Make Same | Height

Membuat  Objek terpilih dengan ketinggian yang sama
Modify | Align | Make Same | Both

Membuat  Objek terpilih dengan ketinggian dan lebar yang sama.

Modify | Align | Make Same | By Scaling

Skalakan Objek terpilih ketika mengubah ukuran.
Modify | Align | Make Same | By Resizing

Ubah ukuran Objek terpilih ketika mengubah ukuran.
Modify | Align | Relative To All Selected

Membuat  semua opsi baris lurus relatif terhadap semuanya Objek terpilih.

 

Modify | Align | Relative To Last Selected

Membuat  semua opsi baris lurus relatif terhadap semuanya Objek terakhir terpilih.
Modify | Align | Relative To Parent

Membuat  semua opsi baris lurus sehubungan dengan terpilih induknya Objek. Ini adalah berguna untuk memosisikan / membariskan Objek pada satu Sprite.
Modify | Align | Relative To Stage

membuat semua opsi baris lurus tertentu ke stage.
Modify | Justification | Align Left/Top

Meluruskan garis-garis dari teks terpilih ke sebelah kiri atau atas dengan tidak rata kanan / tepi bawah
Modify | Justification | Center

Memusatkan baris teks terpilih dengan tidak rata kanan dan tepi sebelah kiri.
Modify | Justification | Align Right/Bottom

Meluruskan garis-garis dari teks terpilih ke sebelah kanan atau bawah dengan tidak rata kiri / tepi tepi atas
Modify | Justification | Align Full

Meluruskan  baris teks terpilih pada kedua sisi

Modify | Appearance | Bold (Ctrl+B)

Merubah teks terpilih menjadi huruf tebal


Modify | Appearance | Italic (Ctrl+I)

Merubah teks terpilih menjadi huruf miring
Modify | Appearance | LR-TB Flow

Tayangkan teks terpilih dari kiri ke kanan, atas ke bawah
Modify | Appearance | TB-RL Flow

Tayangkan teks terpilih dari atas ke bawah, kanan ke kiri.
Modify | Appearance | RL-TB Flow

Tayangkan teks terpilih dari kanan ke kiri, atas ke bawah.
Modify | Appearance | TB-LR Flow

Tayangkan teks terpilih dari atas ke bawah, kiri ke kanan.

 

Menu Control

 

Menu Kontrol memperbolehkan anda untuk mengontrol bagaimana Movie dimainkan dan dilihat .

Opsi-opsi yang tersedia pada Menu Control adalah :

Play

 

Play Movie

 

Play Timeline

 

Play Effect  

 

Preview Frame

 

 

 

Stop

 

Stop
Move the play head

 

Step Forward  

 

Step Back

 

Cue to End  

 

Rewind to Start.
Control | Play Movie

Memainkan Movie


Control | Play Timeline

Memainkan Scene atau Sprite secara langsung.


Control | Play Effect

Memainkan bagian dari Scene yang berisi efek-efek yang terpilih secara langsung.


Control | Preview Frame

Memutar mode  ” Tayangan Frame ” untuk menampilkan Frame langsung pada              ” Layout ” Window.
Pada Mode ” Prevew Frame “, anda dapat merubah, skala, memutar dan memiringkan objek  pada Keyframe dengan mempergunakan         Select Tool atau          Reshape Tool dan sesuai  Tool Option.
Control | Stop

Menghentikan tayangan Movie, Scene atau Efek.


Control | Step Forward

Maju kemuka ke Frame berikutnya pada  mode ‘ Prevew Frame ‘ .

 

Control | Step Back

Mundur Ke belakang  ke Frame sebelumnya pada  mode ‘ Prevew Frame ‘ .

Control | Cue to End

Melompat ke Frame terakhir pada mode ‘ Prevew Frame ‘.


Control | Rewind to Start

Kembali ke Frame pertama pada mode ‘ Prevew Frame ‘.

 

Menu Tools

Dengan Menu Tools memungkinkan anda untuk mengatur aplikasi preferensi yang lebih luas dan menambah perintah anda ke interface pengguna dalam SWiSH.

Opsi- opsi yang tersedia dalam Menu Tools adalah sebagai berikut :

Ü  Preferences  

Ü  Customize  

Ü  Keyboard Map.

Anda dapat menambahkan opsi tambahan ke Menu Tools dengan memilih  Customize, kemudian memilih tab Tools.
Edit | Preferences

Membuka kotak dialog ‘ Preferences ‘ untuk menyeting pilihan dalam SWiSHmax.

 

General

 

 

 

 

 

 

 

 

Startup options: Show startup menu

Membuka kotak dialog ‘ Starup ‘ setiap kali anda memulai SWiSHmax, memberikan anda opsi untuk memulai Movie kosong baru, menggunakan Movie baru dari satu Template , mengerjakan Movie yang sudah ada atau Movie terakhir yang pernah anda simpan.

 

 

Export options

Automatically export to SWF file when saving movie  

Membuat SWiSHmax secara otomatis menyimpan sebuah file .swf dari Movie anda kapanpun Movie disimpan.  

 

Always use LAMEencoder to encode MP3 sounds  

Secara otomatis menyandi semua bunyi dengan LAME MP3 encoder pada sistem encoder default.

 

Undo buffer size

Mengatur ukuran maksimal dari penyangga yang digunakan pada opsi Edit | Undo dan Edit | Redo..

 

Appearance

 

 

Color Options

Background color for Timeline and Layout panels

Tetapkan warna latar belakang dari window untuk sebelah luar area Movie pada Panel Layout , dan kosongkan ruang pada Panel Timeline. Ini berguna untuk Penyeleksi warna . Ubah setingan ini kalau anda punya kesulitan melihat window outline ketika anda menyeret (mendrag) satu Panel, atau kalau latar belakang Movie anda jadi sama berwarna sebagai area workspace.

 

Highlight color for bounding-boxes, outlines and motion paths

Untuk menetapkan batas warna bagi seluruh kotak, outliner dan Motion Paths diperlihatkan pada Panel Layout . ini berguna untuk  Penyeleksi warna.

 

Show Formatting: show thumbnails and text fonts and colors in panels

Perlihatkan satu thumbnail (perbesaran) dari semua image pada Panel Outline dan berwarna dan huruf dari Objek Teks pada  panel Outline ,  Timeline dan Teks .

 

 

Editing

 

 

 

Select Objects By

Clicking Inside Object  

Satu Objek dapat hanya menjadi terpilih oleh pengklikan di dalam Objek sendiri.   

 

Clicking Inside Bounding-box   

Satu Objek dapat dipilih oleh pengklikan dimanapun di dalam batas kotak. Membatasi kotak dari satu Objek adalah satu segiempat yang lengkap membatasi objek yang terpilih. Opsi ini memilih objek Teks kecil lebih mudah.   

Drag Selects Objects

With Bounding-Box Overlapping the Drag Rectangle  

Ketika memilih Drag Rectangle pada panel  ‘ Layout ‘ Objek akan dipilih kalau beberapa bagian dari kota batas Objek di dalam Drag Rectangle..   

Completely Within the Drag Rectangle  

Ketika memilih Drag Rectangle pada panel ‘ Layout ‘ satu Objek hanya akan dipilih kalau Objek dengan sepenuhnya di dalam Drag Rectangle.

 

Double-Click Sprite To

 

Edit in Place  

Pengklikan-dobel sebuah Sprite  akan terbuka untuk pengeditan pada tempatnya.  Sprites  yang terbuka diperlihatkan dengan border ( garis –garis ) di sekitar nya.

 

Open Sprite  

Pengklikan-dobel sebuah Sprite  akan terbuka untuk pengeditan

 

On Closing Sprite: Reset Sprite to Initial State

Mereset Sprite ke Frame 0 setelah menutup Mode Frame Prevew


Motion Path Follows

Origin of Object  

Kalau terpilih, alur gerak dari asalnya Objek ditayangkan di Mode Frame Prevew.   

 

 

Anchor Point  

Kalau terpilih, alur gerak dari  titik jangkarnya Objek ditayangkan di Mode Frame Prevew.   

 

Color Picker: Convert Colors to Nearest Web-Safe Color

Konversi warna terpilih ke yang terdekat warna websafe . Ini mungkin satu warna terpilih dari Penyeleksi warna (color Selector )  , layar atau Windows Color picker.

Effects

 


Effect settings dialog: show dialog when inserting effect

Secara otomatis membuka  kotak dialog Effects Settings  ketika Effek baru dimasukkan ke dalam Movie anda.
Effect authoring: allow effect authoring

Buat opsi Mode Author  dapat diperoleh pada kotak dialog Effek lihat Authoring Effects  untuk lebih jelasnya.

 

Effects folder

 

Use default effects folder

Pergunakan SWiSHmax default  folder Effek untuk Authored Effects

 

Specify folder

Memilih folder anda sendiri untuk Authored Effects

Player

 

Test/Load Movie folder

Tetapkan folder untuk mencari  file .swf  ketika Load Movie Action dieksekusi.   Juga previewing in SWiSH atau testing in the player or browser. Anda dapat menggunakan pilihan di bawah ini :

 

Ü  SWI folder: folder dimana terakhir anda isi atau simpan file .swi

Ü  SWF export folder: folder dimana terakhir anda  ekspor file .swf

Ü  Html export folder: folder dimana terakhir anda  ekspor file  .htm

Ü  Specify folder: sebuah folder dari yang anda pilih.
Infinite loop detection

Laporkan satu pesan kesalahan setelah Flash Player internal dieksekusi dengan instruksi bilangan yang ditetapkan . Dengan kata lain, yang menjelaskan Player  internal berapa lama untuk menunggu hingga mendeteksi satu putaran pada skrip anda. 


On executing getURL() Action: Launch browser and load URL

 

Bila memainkan  Movie menggunakan Play Movie atau Play Timeline pada SWiSHmax, opsi ini menetapkan apakah satu getURL  Aksi akan menuju browserbaku dan mengisi URL atau tidak.

 

 

 

 

 

Script Editor

Tab size

Definisikan ukuran tabulasi yang dipergunakan

pada Script Editor  SWiSHmax .

Font size

Definisikan ukuran font (huruf) yang dipergunakan

pada Script Editor  SWiSHmax .


Show all objects with script in Guided Mode

Akan menayangkan Scene dan semua Objek dengan skrip terlampir pada panel Skrip

 

Customize

Tools | Customize…

Buka satu kotak dialog untuk menyesuaikan Toolbars dan Menu

 

 

 

 

 

Tab yang tersedia adalah sebagai berikut:

Commands     : untuk menambahkan / menyingkirkan perintah ke / dari toolbar

Toolbars         : untuk memperlihatkan / menyembunyikan  Toolbar atau

menambahkan    /  mengganti nama ulang / menghapus  Toolbar

kastem .

Tools               : untuk menambahkan / mengedit / menyingkirkan satu perintah

eksternal ke / di / dari Menu Tool

Keyboard       : untuk menambahkan / menyingkirkan sebuah kunci shortcut ke / dari

sebuah perintah  .

Menu              : untuk menambahkan / menyingkirkan perintah ke / dari Menu

Options           : untuk mengatur ‘ tampilan ‘ Menu dan Toolbars.

 

Commands

 

 

 

 

 

 

 

 


Untuk menambahkan satu perintah ke satu Toolbar

  1. Buat satu pemilihan dari Menu pada  kotak ‘ Categories
  2. Seret perintah anda mau dari  kotak ‘ Commands ‘ ke tampilan Toolbar

Untuk menyingkirkan satu perintah dari satu Toolbar

Hanya menyeret (drag) ikon off  Toolbar.

 

Toolbars

 

 

 

 

 

 

 

Untuk memperlihatkan / menyembunyikan satu Toolbar

  1. Pilih satu opsi dari kotak’ Toolbars
  2. centang / tidak check box pilihan untuk memperlihatkan / menyembunyikan  Toolbar .

 

 

Untuk menambahkan satu Toolbar kastem

  1. Klik tombol  ‘ New ‘ , dan pada  kotak ‘ Toolbar Name ‘ , ketik nama untuk Toolbar baru
  2. Klik Commands tab
  3. Pada ‘ kotak ‘ Categories ‘, klik kategori yang berisi perintah yang anda mau tambahkan ke Toolbar baru
  4. Dari opsi ‘ Commands ‘ , seret perintah ke Toolbar baru.

Untuk mdmberi nama baru  kastem Toolbar

  1. Pada kotak ‘ Toolbars ‘, klik Toolbar anda  mau nama baru (rename)
  2. Klik tombol  ‘ Rename…’ dan jenis nama baru pada kotak ‘ Toolbar Name

 

Untuk menghapus satu kastem Toolbar

  1. Pada kotak ‘ Toolbars box ‘, klik Toolbar yang mau anda hapus
  2. Klik tombol ‘ Delete

Untuk menata ulang satu Toolbar ke settingan baku

  1. Pada  kotak ‘ Toolbars ‘, klik pada Toolbar yang ingin anda  mau tata ulang
  2. Klik tombol  ‘ Reset

 

Untuk menata ulang semua Toolbars ke setingan baku

  1. Klik tombol ‘ Reset All

 

Untuk menayangkan label teks pada Toolbars

  1. Pada kotak ‘ Toolbars ‘, klik Toolbar yang kamu inginkan label teks menjadi ditayangkan pada
  2. Cek ‘ Show text labels ‘ pada kotak pilihan

 

Tools

 

 

 

 

Untuk menambahkan satu perintah ke Menu Tools

  1. Klik tombol ‘ New ‘  atau mengklik dobel area kosong dari kotak ‘ Menu contens ‘ .
  2. Ketik nama dari Tools seperti anda inginkan ini untuk tampak pada Menu Tools. Untuk menetapkan satu titel pada judul Menu sebagai satu kunci akses, dahului huruf itu pada kotak ‘ Menu contents ‘  dengan satu ampersand(@). Huruf  pertama pada judul adalah kunci akses tombol keyboard secarabaku
  3. Soroti nama tool  baru anda yang masuk ke dalam kotak  ‘ Menu contents
  4. Pada kotak browse ‘ Commands ‘, pergunakan tombol ‘ Browse ‘ atau mengetik alur dan nama dari program
  5. Pada teks box browse ‘ Arguments ‘ , atau ketik argument lain ke program
  6. Pada kotak ‘ Initial directory ‘, ketik direktori file dimana perintah ditempatkan

 

Untuk menyingkirkan satu perintah dari Menu Tools

  1. Pada kotak ‘ ‘Menu contents ‘  , pilih perintah yang anda mau menghapus
  2. Klik tombol ‘ Delete  ‘ atau menekan Tombol Delete pada keyboard

 

Untuk mengedit satu perintah pada Menu Tools

  1. Pada kotak ‘ ‘Menu contents’ , pilih perintah yang anda mau mengedit
  2. Untuk memindahkan perintah atas / bawah satu posisi pada Menu, klik tombol ‘Move Up‘ atau ‘Move Down’, berturut-turut. Untuk mengubah teks Menu,     ‘ Commands ‘ baris (alur tool dan nama file), garis perintah ‘ Arguments ‘ , atau ‘ Initial directory ‘  , ketik keterangan baru pada teks box yang sesuai .

 

Keyboard

 

Untuk memfungsikan kunci shortcut

  1. Pada daftar ‘Category‘ , pilih Menu yang berisi perintah yang kamu akan gunakan shortcut .
  2. Pada daftar ‘Commands’, pilih perintah yang kamu inginkan untuk shortcut.
  3. Pada kotak ‘Press New Shortcut Key‘ , tekan kombinasi kunci shortcut atau kunci yang anda mau dan klik tombol ‘Assign‘ Kalau anda menekan satu kombinasi kunci atau kunci yang sekarang ini ditugaskan ke perintah lain, pada bagian ”Assigned To ‘ akan tampak pada kotak bawah   ‘ ‘Press New Shortcut Key ‘.

 

Untuk menghapus kunci shortcut   

  1. Pada daftar ‘ Category ‘ ,  pilih Menu yang berisi perintah- perintah jika anda berkeinginan  menghapus kunci shortcut
  2. Dari daftar pilih perintah ‘ Commands‘ , jika anda ingin menghapus kunci shortcut dan klik tombol ‘ Remove ‘ .

Untuk menata ulang semua shortcut keys ke nilai baku (default ).


Klik tombol  ‘Reset All’.

 

Menu

 

Untuk menambah perintah aplikasi menu frame

  1. Gunakan  ‘Show Menus for‘ drop-down list untuk memilih Menu kastemisasi yang anda inginkan.
  2. Klik Commands tab dan drag ke dalam menu

Catatan: untuk membuang item-item, drag saja dari Menu

 

Untuk mereset Menu konfigurasi asli   

Klik tombol ‘Reset‘.

 

Untuk menambah sebuah perintah kontek menu 

  1. Gunakan ‘Select context menu’ drop-down list untuk memilih pop-up-menu  kastemisasi yang anda inginkan.
  2. Klik Commands tab dan drag ke dalam Menu

 

Catatan : Untuk membuang item-item dari pop-up-menu, drag saja dari menu.
Memilih jenis dari menu animasi

Pergunakan ‘Menu animations‘ drop-down list untuk memilih jenis dari menu animasi.
Menampilkan bayangan di bawah menu open

Centang kotak ‘Menu shadows‘ Untuk menampilkan bayangan di bawah menu open

 

Options

 
Show ScreenTips on Toolbars

Pilih checkbox ‘Show ScreenTips on toolbars‘ untuk menampilkan shortcut teks ketika pointer mouse pada posisi over tombol ‘ Toolbar ‘ .

Show shortcut keys in ScreenTips

Pilih checkbox ‘Show shortcut keys in ScreenTips’ untuk melihat kemungkinan shortcut keyboard yang ditampilkan sebagai tambahan pertolongan pendek teks.

 

Large Icons

Pilih checkbox  ‘Large Icons‘ untuk menampilkan ikon Toolbar besar.
Look 2000

Pilih checkbox ‘Look 2000 ‘ untuk memperbolehkan Windows – 2000 – fitur style pada Interface Pemakai. ini hanyalah pilihan efek minimal, sebagian besar mempengaruhi style dari Toolbar Handles..
Menus show recently used commands first

Pilih checkbox ‘ Menus show recently used commands first ‘ untuk memperlihatkan  data dasar saja  dan perintah yang sering terpakai pada Menu.
Show full menus after a short delay

Pilih checkbox ‘ Show full menus after a short delay ‘ untuk memperlihatkan semua perintah pada Menu setelah anda merehatkan pointer mouse berlalu Menu buka untuk satu periode ringkas dari waktu.
Reset my usage data

Klik tombol ‘ Reset my usage data ‘ perintah untuk menata ulang daftar data-data baru terpakai pada SWiSHmax.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s